Wajah Baru, Semangat-pun Baru (Dalam Penerimaan Anggota Baru KS Water Forum Kalijogo 2014)

Bulan Oktober tahun 2014 merupakan bulan bersejarah bagi Kelompok Studi Waterforum kalijogo (selanjutnya dibaca KS WFK). Pasalnya pada bulan ini diselenggarakan penerimaan anggota baru. Tujuan diadakanya penerimaan anggota baru di KS WFK tidak jauh berbeda dengan organisasi lain, yaitu melakukan proses persiapan regenerasi dalam tubuh organisasi dengan menerima kader-kader baru. Hal ini tentunya tidak lain sebagai langkah untuk mempersiapkan kader yang akan meneruskan estafet perjalanan kegiatan, penelitian, aksi maupun roda organisasi di KS WFK.

Tema besar yang diusung pada penerimaan anggota baru tahun 2014 ini adalah “Penguatan kualitas internal anggota maupun organisasi”. Mengingat KS WFK yang baru berumur 2 tahun yang masih sangat membutuhkan asupan ilmu, pengalaman, dan peningkatan soft skill anggota. Langkah-langkah pada tahun ini difokuskan pada peningkatan kajian keilmuan dengan cara memperbanyak aktifitas seperti diskusi, sharing ilmu, atau bahkan melakukan penelitian. Selain dari aktifitas menunjang keilmuan aktifitas yang berhubungan dengan Soft skill dan kesholehan sosial anggota terus ditingkatkan, dengan cara memperbanyak intensitas kegiatan yang dapat mengasah kemampuan anggota dalam memimpin, dipimpin, bermusyawarah, diplomasi atau bersosial dengan sesama anggota ataupun masyarakat secara luas. Tidak terlupakan itu semua dibarengi dengan aksi nyata melakukan konservasi lingkungan yang juga selalu menjadi prioritas, supaya tidak hanya berkecimpung dalam dunia wacana saja, namun diaplikasikan dalam dunia nyata. Sehingga cita-cita awal berdirinya KS WFK menjadi suatu wadah pengembangan ilmu, penelitian, dan aksi di bidang konservasi lingkungan dapat sedikit demi sedikit terwujud.

Namun perjalanan aktifitas dengan eksternal KS WFK masih menjadi agenda yang tidak terlupakan. Karena tidak dapat dipungkiri sebuah organisasi tidak bisa berjalan sendiri, pasti membutuhkan organisasi lain. Manfaat yang dapat diperoleh dari silaturahmi tersebut sangatlah banyak yang semuanya juga menunjang dalam peningkatan kualitas internal anggota maupun organisasi.

Kegiatan pertama kali dilakukan pada penerimaan anggota baru tahun 2014 adalah pertemuan pada hari jumat tanggal 05 November 2014. Kegiatan tersebut berlangsung di ruang diskusi laboratorium Ekologi pada pukul 14.00 WIB sampai selesai. Beberapa acara dilakukan yaitu sambutan selamat datang kepada anggota baru yang disampaikan oleh Pembina KS WFK Ibu Eka Sulistyowati, M.IWM sekaligus memberikan arahan dan motivasi, dilanjutkan pengenalan KS WFK, setelah itu ada 2 materi yang pertama mengenai cara melakukan pendataan tumbuhan di sungai oleh Ana Yasaroh kemudian dilanjutkan materi yang kedua oleh mb Nova Ika R dan Mb Luluk Hamidah mengenai menilik kesehatan sungai dengan bioindikator makroinvertebrata (BIOTILIK).

Rangkaian kegiatan selanjutnya adalah praktik langsung di sungai tentang materi yang disampaikan pada hari jumat. Kegiatan praktek tersebut berlangsung pada hari Minggu pukul 15.00 WIB di Sungai Babarsari dengan dipandu oleh mba Ana yasaroh dan Mb Nova Ika R.

Semoga langkah awal dari penerimaan anggota baru KS WFK ini menjadi jalan untuk melaju pada proses selanjutnya.

Iklan

One thought on “Wajah Baru, Semangat-pun Baru (Dalam Penerimaan Anggota Baru KS Water Forum Kalijogo 2014)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s