Gandeng beberapa organisasi Waterforum Kalijogo Adakan Kegiatan Tanam Pohon di Sungai Babarsari

Sungai adalah sumber kehidupan bagi seluruh mahluk hidup, entah itu hewan, manusia maupun tumbuhan. Semua organisme membutuhkan sungai untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Manusia membutuhkan air sungai untuk dikonsumsi, mandi, mencuci dll. Hewan juga membutuhkan air sungai sebagai sumber utama dalam memenuhi kebutuhandan bertahan hidup. Bukan hanya itu manfaat sungai, manfaat yanglainialah sebagai pembangkit listrik dan sarana tranportasi. Disamping sungai memiliki banyak manfaat bagi seluruh organisme, sungai merupakansalah satu ekosistem yang adadi bumi ini. Dimana disana terdapatberbagai macam organisme yang sangat bergantung untuk menunjang hidupnya. Akan tetapi realita yang ada, saat ini sungai sudahtidaklah lagi sesuai dengan yang diharapkan, karena sungai yang seyogyanyamenjadi sumber kehidupan malah menjadi sumber kehancuran. Hal ini tidak lain adalah ulah manusia. Sampah-sampah dibuang kesungai, baik itu sampah plastik maupun sampah rumah tangga yang semua itu mencemari sungai dan merusak ekosistem disana serta menyebabkan banjir.

Bukan hanya sampah yang menyebabkan banjir terjadi tetapi pohon-pohon disekitar pinggiran sungai yang ditebang oleh manusia untuk kepentingan pribadi dan membangun pemukiman disekitar sungai. Pohon sendiri memiliki hubungan yang erat dengan sungai, karena pohon yang nantinya yang akan menahan tanah yang hendak longsor serta menyerap air ketika hujan agar air tidak langsung mengalir kesungai, ini berguna agar tanah tidak mudah longsor. Inilah kenapa pohon memiliki manfaat yang sangat besar, sebagai resapan air.

Dari situlah komonitas Lintang Panglipuran, kelompok studi Water Forum dan GreenTech bekerja sama untuk mengadakan kegiatan RESTORASI SUNGAI BABARSARI dimana kegitan ini dimaksudkan untuk memperingati hari Penanaman Pohon yang jatuh pada tanggal 28 April 2017 serta mengembalikan kembali fungsi alami sungai. Kegitan ini dilaksanakan pada tanggal 29 April 2017, waktu 07.00 s/d selesai bertempat disungai babarsari. Ini merupakan sebuah langka yang kecil untuk memulai sebuah masa depan yang baik. Pada kegiatan tersebut dilakuakn penanaman bibit pohon disekitar pinggiran sungai babarsari hal bertujuan agar nantinya bibit tersebut nantinya akan dapat menjadi daerah resapan air dan dapat mencegah terjadinya longsor. Selain itu dilakukannya juga restorasi sungai dengan membersihkan samapah-sampah plastik disekitar sungai, agar sungai tidak lagi tercemar dan ekositem dari sungai dapat terjaga.

Sungai dapat melakukan kembali fungsinya, tidaktercemar serta ekosistem dari sungai dapat terjaga adalah hanya dengan kita tidak mencemari sungai dan tidak melakukan penebangan pohon disekitar sungai untuk membangun pemukiman, ini semua agar kesimbangan alam dapat terjaga.

Harapannya langkah yang kecil ini tidak berhenti sampai disini, karena yang namanya perubahan butuh prsose yang tidak sekali butuh bnyak proses dan terus belajar untuk mencapai sebuah tujuan. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat menjadi motivasi untuk terus menjaga alam ini, memotivasi untuk dapat menjaga sungai karena sungai merupakan sumber kehidupan untuk semua mahluk. Selain itu diharapkan dapat membrikan kesadaran kepada kita semua untuk menjaga alam tetap seimbang. Mari bersama kita jaga sungai kita hanya dengan bersama kita dapat melukukan segala hal untuk kebaikan.

“Nguri-uri Sumber Ing Gesang”

Penulis

Maad Zulkifli

Iklan

2 thoughts on “Gandeng beberapa organisasi Waterforum Kalijogo Adakan Kegiatan Tanam Pohon di Sungai Babarsari

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s